Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk, Ampuh!

Cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk Ini semoga bisa memberikan solusi yang pas untuk anda. Saat membuka flashdisk / memory card, tiba-tiba file anda tidak ada. Pernahkah anda mengalami hal semacam itu? Jika pernah maka berikut adalah beberapa alternative pilihan yang bisa anda lakukan. Jangan terburu-buru panik terlebih dahulu, Karena kemungkinan hal ini disebabkan oleh virus. Sebenarnya ada berbagai cara yang bisa anda lakukan.  

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang cara mengembalikan file yang terhapus / hilang di flashdisk, memory SD card, komputer bahkan bisa di praktekkan juga di Hp Android.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk


Adapun cara ini bisa anda gunakan pada semua media penyimpanan. Dengan satu syarat, takni anda harus menggunakan media komputer. Karena kita akan menggunakan fitur bawaan dari windows yaitu command prompt. Baiklah, mari kita simak cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk. Jangan lupa untuk mempraktekkan nya langsung ya.


Cara Cek file Flashdisk Yang terhapus / Hilang

Pertama, kita harus cek dahulu apa benar bahwa file di flashdisk hilang karena virus yang mengganggu. Ikuti cara berikut ini:
  • Tekan tombol Windows pada keyboard lalau tekan huruf E (Windows + E).
  • Pilih dan klik drive tempat flashdisk jika setelah di klik tidak ada file alias putih semua, kembali lagi ke drive tempat flashdisk Kemudian klik kanan lalu pilih properties.
  • Lihat pada tab properties jika used spaces nya tidak nol (0) berarti file didalam flashdisk hilang oleh virus.

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Dengan Membuka Hidden Folder

Cara ini digunakan untuk menampilkan kalau mungkin file anda termasuk file yang disembunykan (hidden) oleh system. Karena biasanya virus juga ada yang langsung menyembunyikan file anda. Untuk itu kita perlu untuk memunculkan ulang. Ikuti cara berikut ini supaya file anda bisa kembali lagi.
  • Tekan tombol Windows pada keyboard lalau tekan huruf E (Windows + E).
  • Klik tab Organize yang ada di pojok kiri atas kemudian pilih Folder and Search Optionts.
Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Dengan Membuka Hidden Folder

  • Klik tab View >> lalu cari dan klik Hidden files and folders >> kemudian pilih Show Hidden Files, Folders and Drives.
cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk

  • Klik Apply lalu Ok.
  • Lihat isi flasdisk, SD card apakah data / file yang disimpan sudah muncul atau belum, Jika belum kita akan menggunakan Command Prompt untuk mengembalikan file yang terhapus tersebut.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk dengan Command Prompt

  • Klik Start pada kotak pencarian ketikan “cmd”  tanpa tanda petik lalu enter.
Cara Mengembalikan File yang Terhapus dengan Command Prompt

  • Setelah tab cmd (Command Prompt) terbuka Ketikan “CD..” tanpa tanda kutip berkali kali hingga tampil C:>.
  • Ketikan alamat drive (tempat flasdisk disimpan) yang akan anda cari misal H:> maka ketik saja setelah C:> .. Contoh : C:> H: Nanti akan berubah menjadi H:>.
  • Setelah berubah,maka ketikan
ATTRIB(spasi)*.*(spasi)-S(spasi)-H(spasi)-R(spasi)/S(spasi)/D  kemudian tekan enter. 

Catatan: kata (spasi) gunakan spasi pada keyboard anda bukan ditulis/diketik di CMD nya.

  • Dan selamat file anda yang tersembunyi oleh virus sudah tampil kembali. 
Keterangan ATTRIB *.* -S -H -R /S /D
attrib = adalah perintah dalam bahasa dos untuk memberikan attribut pada suatu file atau folder. 
-s  = tanda minus (-) maksudnya menghapus dan huruf S artinya file system, jadi maksud dari tanda -s adalah menghapus attribut protected operating system. 
-h = hampir sama seperti fungsi diatas, tanda -h berfungsi untuk menghapus attribut hidden atau mengubah file yang pada mulanya tersembunyi menjadi terlihat kembali. 
*.* = Tanda bintang (*) artinya semua, sehingga yang dimaksud dari perintah ini adalah semua file atau folder yang memiliki semua ekstensi. 
/s = Artinya memproses semua file pada folder yang sama dengan lokasi file.bat dan juga semua subfolder yang ada didalamnya. 
/d = memerintahkan untuk memproses folder juga, maksudnya jika kita tidak menuliskan perintah ini maka hanya akan memproses semua file tanpa memproses folder.

Demikianlah tutorial selengkapnya tentang cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk semoga bisa bermanfaat dan membantu anda sekalian. Masih ada banyak lagi tutorial lain yang mungkin juga bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda. Seperti 4 Cara Terbaru Membuka Situs yang Diblokir 100% Work

Terima kasih juga sudah berkunjung dan belajar bersama disini. Akhir kata selamat menjalani hari yang indah dan salam senyum.  Kami tunggu kunjungan anda selanjutnya ya.

0 Response to "Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk, Ampuh!"

Post a Comment

Ketik komentar kamu disini ya